Waspadai Hewan Haram Jelang Idul Adha

           
             Pada beberapa hari kedepan kita semua akan merayakan hari raya Idul adha. yang akan diperingati pada tanggal 15 oktber 2013. sebagai umat muslim pastilah merayakan yang disebut juga hari raya orang haji ini. karena bertepan juga dengan pelaksanaan ibadah haji di mekkah.   selain itu pada hari raya idul adha berbeda dengan idul fitri, karena pada hari raya idul adha biasanya terdapat hewan qurban yang diqurbankan oleh orang yang mampu. oleh karena itu, bagi anda yang ingin berqurban pastikan dahulu kehalalanya terlebih dahulu. khususnya kambing karena sebagian besar di Indonesia kebanyakkan qurban hewan kambing.


             Setiap hari raya idul adha pasti terdapat hewan qurban yang diserahkan ke masjid-masjid maupun, dikelola sendiri yang kemudian dibagikan kepada para kaum duafa. untuk di Indonesia sendiri berbeda dengan di Arab, karena di Indonesia tidak terdapat hewan onta maka digantikan dengan hewan lainnya seperti kambing atau pun sapi. karena syarat-syarat kurban di antaranya merupakan hewan ternak seperti unta, sapi atau domba atau juga kambing dan syarat lainnya dapat dilihat di sini . banyak yang perlu kita perhatikan agar ibadah kita dapat diterima Allah. karena hewan yang ingin kita qurbankan nantinya akan dinikmati oleh orang banyak. maka dari itu agar sesuai persyaratan kita harus memeriksanya terlebih dahulu supaya terjamin ke halalanya.

            Namun akhir-akhir ini banyak terdapat kasus-kasus yang berkaitan dengan hewan qurban. seperti masalah kambing yang mempunyai penyakit diqurbankan, atau pun hewan yang diglonggong oleh oknum yang tidak bertanggung jawab agar hewan terlihat lebih gemuk. ketika dikonsumsi hewan ini akan mengakibatka efek samping bagi pemakannya tentunya. karena mungkin ada penyakit hewan yang berdampak kepada manusia ketika di konsumsi. seperti mual-mual maupun keracunan. dan yang terpenting hewan tersebut dipertanyakan kehalalannya.

          Oleh karena itu,supaya terhindar dari masalah-masalah tersebut kita harus meningkatkan kewaspadaan yang lebih terhadap hewan yang ingin kita qurbankan. karena akan bersangkutan dengan ibadah kita dan orang banyak. untuk meminimalisirkan hal tersebut sebelum berqurban lebih baik kita konsultasi terlebih dahulu kepada ustad setempat dan orang yang mengerti tentang hewan agar mengtahui bagaimana kriteria sewan yang hala dan sehat. dengan begitu ibadah kita dapat diterima disisi-Nya.

         semoga hari raya dapat kita maknai dengan baik, karena dengan berkurban dapat mempererat tali persaudaraan. karena pada saat itu umat islam makru berpuasa dan untuk para kaum duafa dibagikan daging qurban agar merasakan bagaimana nikmatnya ketika idul adha. selain itu dapat menunaikan menyempurnakan ibadah kita yaitu rukun islam ke lima berhaji. diharapakan dengan demikian tali persaudaraan kita menjadi semakin terjalin. dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. terimakasih

 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. morooy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger