cara membuat rujak mangga ala morooy



Halo sobat morooy semuanya maksih yah udah mau mampir kesini, karena kalian udah mampir morooy mau kasih tips nih buat kalian khususnya buat ibu-ibu yang mengidam :D

Okeh kalian udah taukan gimana lezatnya rujak mangga. Morooy asumsikanudah pada tau semua, buat yang belum cepat lah kalian kunjungi toko buah terdekat dan rasakan sensasinya bagi yang ingin bisa membuatnya sendiri di rumah morooy akan kasih beberapa tips cara membuat rujak mangga yang praktis ala chef morooy :D

Kita mulai dari step atau langkah pertama yaitu Priper peralatan dan bahan-bahan

Perlengkapan yang wajib ada adalah
1.     
            1.  Cobek
   
     Kenapa cobek? Karena cobek sangatlah berperan penting dalam pembuatan rujak buah ini. Karena dari sinilah cipta rasa rujak yang yummy dapat tercipta, tanpa cobek bagai taman tak berbunga :D
Karena perannya yang begitu krusial cobek pernah diangkat ke layar lebar diantaranya adalah red cobex
Wuiiiiiih…. Keren kan 
       
         2. pisau


          Peran pisau tidak kalah pentingnya dari cobek. Karena hanya dengan pisaulah kita dapat menghasilkan potongan mangga yang tepat dan akurat. Selain itu pisau dapat digunakan utuk memotong tangkai cabai, mengiris gula jawa, dan bungkus kemasan bumbu. Morooy rekomendasikan menggunakan menggunakan pisau dapur jangan menggunakan pisau lipat. Karena pisau dapur dapat  mengupas setajam silet

Kaya acara apa gitu… :D

1.       Piring 


Kenapa piring? Sebenarnya dapat digantikan dengan yang lain seprti daun, kertas nasi, atau batok kelapa.namun tetap perannya tidak kalah pentinya dengan cobek dan pisau kalo gada wadahnya mau ditaro dimana coba mangganya? Muka bapak lo.  Supaya lebih praktis dan efesien morooy rekomendasikan menggunakan piring saja karena lebih mudah di cari dapur

Itulah alat- alat yang akan berperan penting dalam proses pembuatan rujak mangga. Namun tidak hanya itu saja kita harus mempersiapkan bahan-bahanya juga. Kalo gada bahanya gimana? Ga bakal jadilah goblok itukan yang bakal dimakan… :D

Bahan-bahan yang harus ada diantaranya adalah:

1. Mangga


Mangga adalah elemen terpenting dalam proses ini namanya juga rujak mangga ya bahanya pasti manggalah masa kedongdong busuk duren aja dibelah bukan di bedong :D

2. cabai



Cabai juga merupakan bagian yang terpenting dalam pembuatan rujak mangga karena cabai menimbulakn cipta rasa yang menggugah selera kita khususnya buat kalian semua yang suka pedas. Karena rujak identik dengan pedas sepedas omongan orang marah :D

3. bumbu siap saji



Kalo bahan yang ini dapat dicari di supermarket terdekat atau di toko  material. Supaya cepat buatnya morooy pake bumbu instan saja supaya lebih praktis, kalo mau bumbu yang lebih lengkap Tanya tukang rujaknya aja. Gua ga bias bikin rujak

      4.gula merah

Sebenernya gue bingung ini gula merah apa gula jawa? Tau ah pokoknya direkomendasikan gulanya persis kaya digambar  jagan gula pasir (mau buat kopi emangnya). Karena gula ini manisnya beda dengan gula yang lain. Manisnya kaya  kamu

Cieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee……..

5. Air


Air disini berfungsi sebagai pelarut. Jadi gula, cabai,dan bumbu akan dilarutkan dengan air. Di usahakan air bening dan higenis supaya healty

Setelah semua persiapan sudah kita kumpulkan, kita mulai ke step berikutnya yaitu proses pembuatan. Dibagi dalam beberapa proses diantaranya adalah:
Potong mangga sekecil mungkin


Potonglah seperti ini agar lebih efisien tanpa mengupas dulu kulitnya kelamaan soalnya. Dan hasilnya lebih banyak

 

Setelah di potong mangga akan menjadi seperti ini. Sudah terlihat menggoda kan. Eiits belum selesei bos masih ada tahap selanjuntnya

Step ini ada lah pembuatan rempah rempah yang di campurkan dalam satuh wadah cobek composisinya ada bumbu siap saji, gula jawa, cabai dan air putih
 - Kita mulai dengan memasukan bumbu saji terlebih dahulu
 -  Tuangkan air secukupnya dilanjun dengan menumbuk hingga melebur
 - selanjutnya memasukan potongan gula jawa kedalam cobek dengan tetap menumbuk
 - kemudian masukan cabai sesuai selera. Jika mau pedas di usahakan ganjil( kata tukang rujak) gue ga percaya
  - tumbuk semua elemen sehingga menjadi menyatu kemudian sajikan
 
Jangan lupa sediahkan minumnya juga jaga-jaga barang kali kepedesan boss
 
Cara memakanya

Ambil potongan mangga dari piring kemudian colekan pada cobek berisi bumbunya  langsung masukan kemulit selesai deh
 
Contoh kelinci percobaan rujak mangga ala Chef Morooy :D

Terimakasih atas perhatiannya selamat mencoba jika ada kesalahan atau kekurangan namanya juga belajar. Selamat mencoba dirumah
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

10 Oktober 2012 05.02

:D

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. morooy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger