SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL



Selamat memperingati hari kebangkitan nasional Indonesia. Di hari kebangkitan nasional ini pasti yang diingat oleh masih dingat oleh masyarakatnya adalah sejarah yang diawali dengan lahirnya gerakan nasionalis pertama yaitu Boedi Oetomo (1908) dan Sumpah Pemuda (1928). Dimulai dengan lahirnya gerakan nasionalis pertama Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, seabad plus setahun yang lalu. Pergerakan nasional ini diprakarsai oleh Dokter Soetomo di Jakarta. Semoga rakyatnya masih mengingatnya dan mendalami makna yang masih didalamnya. Saya meyakini saat ini hanya beberapa orang saja yang masih memperingati atau pun sekedar mengingatnya saja. Mungkin ini sebuah ironi yang sangat berkepanjangan dan tanpa solusi yang jelas. Sudah terlihat jelas bahwa Negara yang tidak menghargai atau pun sama sekali tidak pernah ingat atau pun sama sekali mengetahui kapan dan siapa yang membangun Negaranya ini sudah dipastikan Negara tersebut belumlah maju dan merata di seluruh penjuru negaranya. Hal yang seperti ini seharusnya tidaklah dilanjutkan oleh generasi-generasi selanjutnya. Saya mengutip suatu pembicaraan yang dibicarakan oleh seseorang dalam suatu pertemuan disalah satu acara perlombaan pidato diuniversitas tenama dicirebon. Dalam acara itu iya berkata seperti ini. 

“ seharusnya kita tidak menjadi generasi penerus, karena jika generasi sebelumnya berbuat yang buruk kemudian harus kita teruskan akan menjadi suatu keburukan yang berkepanjangan seperti korupsi yang sedang marak sekarang misalnya. Mungkin itu adalah hasil dari pengaruh generasi yang sebelumnya yang deteruskan oleh generasi selanjutnya. Sebaiknya “generasi penerus” kita ganti saja dengan “generasi perubahan” generasi yang merubah kebiasan yang buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik”.
 
Saya setuju dengan pendapat tersebut dalam konteks perubahan tersebut tidaklah merubah kebaikkan yang sudah ditanamkan oleh generasi sebelumnya sebagai suatu pengharagaan apa yang telah ditanamkan oleh generasi sebelumnya. Namun ketika sistematisnya sudah baik dan benar diterapkan di masyarakat. Kita baru bisa menjadi generasi penerus dengan catatan kita hanya meneruskan kebaikan-kebaikan dan tiadak meneruskan apa yang telah salah dimasa lampau. Agara niat baik dari generasi sebelumnya dapat tersalurkan dari generasi-genarasi sampai seterusnya. Dengan demikian dapat dipastikan suatu yang baik akan mengasilkan yang baik dan begitu pula sebaliknya. Jadi tidak menutup kemungkinan Negara yang sistematisnya seperti ini akan menjadi Negara maju dan makmur. Yang perlu diingat perubahan yang baik haruslah merata diseluruh penjuru negeri dan semua kalangan. Mungkin terlihat susah diterapkan dalam masyarakat yang beraneka ragam ini tetapi jika sudah dapat dijalankan dilapangan kita sendiri yang akan menikmatinya. Semoga kelak di Indonesia akan ada sistematis yang baik dan dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya. Semoga artikel ini dapat digunakan oleh kebaikan. Jaka ada kekurangan atau keslahan selahkan komentar saja, marilah kita saling memmbangun bangsa kita tercinta yang lebih baik dan nyaman bagi rakyatnya. Selamat memperingati hari kebangkitan nasional indonesiaku. Terimaksih telah membesarkanku dengan segala yang tuhan sediakan kepadamu. Terimaksaih sudah membaca.

AYO BANGKIT !!!
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. morooy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger